Terwujudnya
manusia Indonesia yang bermoral, berkarakter, berakhlak mulia dan berbudi
pekerti luhur merupakan tujuan dari pembangunan manusia Indonesia yang kemudian
diimplementasikan ke dalam tujuan pendidikan nasional.
Pada
hakekatnya, pendidikan budi pekerti memiliki substansi dan makna yang sama dengan
pendidikan moral dan pendidikan akhlak.
Pengertian pendidikan budi pekerti menurut Haidar (2004)
adalah usaha sadar yang dilakukan dalam rangka menanamkan atau
menginternalisasikan nilai-nilai moral ke dalam sikap dan prilaku peserta didik
agar memiliki sikap dan prilaku yang luhur (berakhlakul karimah) dalam
kehidupan sehari-hari, baik dalam berinteraksi dengan Tuhan, dengan sesama
manusia maupun dengan alam/lingkungan.
Tujuan pendidikan Budi Pekerti adalah untuk
mengembangkan nilai, sikap dan prilaku siswa yang memancarkan akhlak mulia/budi
pekerti luhur (Haidar, 2004). Hal ini mengandung arti bahwa dalam pendidikan Budi
Pekerti, nilai-nilai yang ingin dibentuk adalah nilai-nilai akhlak yang mulia,
yaitu tertanamnya nilai-nilai akhlak yang mulia ke dalam diri peserta didik
yang kemudian terwujud dalam tingkah lakunya.
- Strategi pertama ialah dengan mengintegrasikan konten kurikulum pendidikan budi pekerti yang telah dirumuskan ke dalam seluruh mata pelajaran yang relevan, terutama mata pelajaran agama, kwarganegaraan, dan bahasa (baik bahasa Indonesia maupun bahasa daerah).
- Strategi kedua ialah dengan mengintegrasikan pendidikan budi pekerti ke dalam kegiatan sehari-hari di sekolah.
- Strategi ketiga ialah dengan mengintegrasikan pendidikan budi pekerti ke dalam kegiatan yang diprogramkan atau direncanakan.
- Strategi keempat ialah dengan membangun komunikasi dan kerjasama antara sekolah dengan orang tua peserta didik.
Hambatan dalam penerapan pendidikan budi pekerti di sekolah
Selain itu, agar pendidikan
budi pekerti di sekolah dan di
rumah dapat berjalan searah, sebaiknya bila memungkinkan orang tua murid
hendaknya juga dilibatkan dalam proses identifikasi kebutuhan program pendidikan
budi pekerti di sekolah.