Kursus bahasa Inggris TK

Berbagai studi menemukan, masa keemasan perkembangan bahasa adalah selama usia balita, yaitu sejak tahun pertama hingga usia enam tahun, yaitu usianya anak-anak TK. Belajar  bahasa Ingris TK diketahui berlangsung efektif melalui kegiatan bermain dan mendengarkan secara intens. Artinya belajar bahasa inggris  tanpa perlu stimulasi berlebih, balita dapat belajar bahasa ibu secara alami dengan baik.
Belajar bahasa yang paling efektif memang harus sejak dini. Anak-anak di mana pun akan bisa menguasai bahasa yang ia pelajari sejak kecil. Seorang anak yang sejak kecil hidup di Bandung terbiasa dengan bahasa Sunda pasti berbeda dengan anak yang tinggal di Jogjakarta terbiasa dengan bahasa Jawa. Begitu juga dengan anak yang sejak kecil belajar bahasa inggris akan  terbiasa dengan bahasa Inggris.
Dalam belajar bahasa Inggris atau bahasa asing mana pun, yang paling penting adalah anak terbiasa mendengar dan berbicara dalam bahasa Inggris. Masalahnya, orang tua belum tentu bisa membiasakan pembelajaran bahasa Inggris di lingkungan keluarga.  Di lingkungan sekolah, anak masih diajarkan materi bahasa Inggris namun memang tidak dapat diterima dan dipraktekkan secara maksimal oleh anak. Untuk mempersiapkan putra-putri mereka dalam menghadapi tantangan zaman, orang tua bisa mengikutkan putra-putri mereka untuk kursus bahasa Inggris TK. 
Melalui kursus bahasa Inggris untuk anak TK, diharapkan anak bisa lebih memahami dan mempraktekkan ilmu yang mereka peroleh serta dapat memberikan hasil yang membanggakan. Oleh karena itu, metode yang digunakan dalam kursus bahasa Inggris TK harus menyenangkan dan materi yang diberikan disesuaikan dengan usia anak-anak. Berikut ini materi yang dapat diberikan kepada anak dalam kursus Bahasa Inggris TK.
1. Vocabulary
Vocab Bahasa Inggris yang diberikan kepada peserta kursus Bahasa Inggris TK sebaiknya tematis, mengikuti tema-tema yang ada dalam kurikulum TK. Misalnya, saat tutor sedang mengajarkan tema “AKU”, tutor mengajarkan vocab tentang anggota tubuh. Bukannya memperkenalkan vocabulary tentang binatang (animals). Tutor akan mengajarkan vocab tentang binatang pada saat tema yang diberikan tutor adalah tentang binatang.

2. English Songs.
Anak-anak akan lebih mudah dan lebih senang menghafal satu halaman lirik lagu daripada menghafal kosakata meskipun hanya setengah halaman. Dengan memasukkan kosakata ke dalam sebuah lagu, anak akan lebih mudah menghafal dengan perasaan senang. Lagu-lagu yang digunakan juga disesuaikan dengan kurikulum TK supaya ada kesinambungan antara pelajaran bahasa Inggris di sekolah dengan pelajaran bahasa Inggris di tempat kursus bahasa Inggris TK.
3. Short Expressions
Selain Vocab dan English Songs, para peserta kursus Bahasa Inggris TK juga dibekali ungkapan–ungkapan (phrasa atau sentence) dasar. Mulai dari tanya jawab nama, umur, hoby dan ungkapan-ungkapan di ruang kelas (classroom expressions) seperti ketika mereka mau minum, pergi ke toilet dan lain-lain. semua ungkapan itu sebaiknya berhubungan dengan aktifitas sehari-hari anak agar anak dapat mempraktekkannya di luar tempat kursus.
4. Phonics.
Phonics adalah belajar letter sound, atau bunyi huruf. Metode ini banyak digunakan oleh sekolah-sekolah pra sekolah di seluruh dunia, sekolah-sekolah internasional di Jakarta untuk mengajar membaca Bahasa Inggris, serta beberapa tempat kursus Bahasa Inggris TK.
Materi-materi di atas sudah cukup sesuai dengan anak-anak TK serta tidak terlalu memberatkan karena dalam pelaksanaannya pun menggunakan metode yang menyenangkan seperti melalui lagu, dongeng, dan lain sebagainya sehingga anak yang mengikuti kursus bahasa Inggris TK bisa mempelajari bahasa Inggris dengan mudah dan menyenangkan. Untuk keterangan lebih lanjut bisa mengunjungi www.sagarabahasa.com/?id=imah


Update

Recent Posts

Tips

Trik

Acara