Mengapa Kursus Bahasa Inggris Bermunculan



NTC Kampung Inggris Pare
Ada sebuah pertanyaan menggelitik mengapa lembaga kursus bahasa Inggris dari tahun ke tahun terus tumbuh, lebih-lebih di Kampung Bahasa Inggris Pare Kediri, bukankah bahasa Inggris dipelajari sejak tingkat SMP, SMA bahkan di perguruan tinggi? Jangan-jangan ada kongkalingkong anatara lembaga kursus bahasa Inggris dengan lembaga formal?
Jangan curiga dulu bung, mari kita simak hasil riset Pusat data dan Analisa TEMPO.

Apa hasil riset tersebut? Hasilnya memang ada masalah dengan pengajaran bahasa Inggris di sekolah atau di pendidikan formal kita. Tahun 1980-an Direktorat Pendidikan Menengah Umum Ditjen Pendidikan Dasar dan Menengah mengenai pelajaran bahasa Inggris  sebagaimana disinggung dalam majalah TEMPO, bahwa faktor-faktor penyebab bermasalahnya pengajaran bahasa inggris di sekolah sebagai berikut:
1.    Sebagian besar guru  tidak menguasai mata pelajaran bahasa Inggris.
2.    Jumlah siswa yang terlalu banyak dalam satu kelas.
3.    Kurikulum yang berganti-ganti.
Berdasarkan riset tersebut wajar bila out put skill bahasa Inggris masih jauh dari harapan. Hasil dari pendidikan seperti itu mungkin kita paham apa itu bahasa inggris, tetapi tidak bisa menggunakannya sebagai alat komunikasi.
Bila pengajaran bahasa Inggris di lembaga formal begitu memprihatinkan, setidaknya berdasarkan survei itu, bagaimana dengan kehadiran lembaga-lembaga kursus bahasa Inggris bisakah memenuhi kebutuhan pelajar, mahasiswa ato umum? Menjawab pertanyaan tersebut akan lebih bijak bila kita melihat realitas bahaw begitu antusiasnya mulai pelajar, mahasiswa hingga masyarakat  umum mengikuti kursus bahasa Inggris  baik di kota-kota besar maupun di kota kecil, lebih-lebih di Kampung Bahasa Inggris Pare Kediri.
Dengan antusias yang tinggi para pembelajar bahasa Inggris di Kampung Bahasa Inggris, sehingga tebentuklah lembaga-lembaga baru yang hingga saat ini mencapai lebih 130 kursusan yang tersebar di dua desa Pelem dan Tulungrejo, padahal tahun 1997-an baru ada 4 lembaga. Apa yang mereka dapat selama menimba ilmu bahasa Inggris di Kampung Inggris Pare tersebut?  Apakah hanya sebatas bisa CAS CIS CUS? Bagi mereka yang serius mengikuti kursus, skill mereka tidak hanya sebatas mampu speaking saja, akan tetapi mereka menguasi cukup mendalam seperti grammar, writing,  pronunciation, translation bahkan tidak sedikit mampu mencapai skor TOEFL tinggi. Di samping itu jangan heran bila mereka memiliki referensi bahasa Inggris yang kumplit, bisa dilihat pula toko-toko buku yang menyediakan referensi  super memadai.
Siapakah yang datang ke Kampung Bahasa Inggris Pare Kediri? Di saat liburan semester para pelajar, guru berdatangan ke Pare guna kursus bahasa Inggris sekaligus traveling. Sedang di luar musim liburan Pare tetap ramai dengan peserta kursus yang sudah selesai kuliah, ato lulusan SMA sambil ngisi waktu sebelum kuliah, dan tidak sedikit alumni sarjana bahasa Inggris pun ikut kursus, Kampung Bahasa Ingris Pare memang beda.

No Hp: 0857 0265 1855

Update

Recent Posts

Tips

Trik

Acara